Kamis, Maret 01, 2018

Gus Ipul Kunjungi Sentra Keripik Tempe Sanan


PDIPerjuangan.kabmalang.com - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), nomor urut 2 mengunjungi sentra tempe dan keripik tempe di kawasan Sanan, Purwantoro, Blimbing, Malang, Kamis 1 Maret 2018.

Gus Ipul yang datang sekitar pukul 09.00 WIB langsung melihat UKM di kawasan ini. Pada saat ini terdapat 469 pengrajin keripik tempe yang tersebar di tiga RW.

Mulai dari pengolahan kedelai menjadi tempe. Serta, pengolahan tempe menjadi keripik tempe. Bahkan, Wakil Gubernur Jatim dua periode ini sempat ikut memotong tempe menjadi keripik tempe.

Usai meninjau para pengerajin, warga menyempatkan menggelar dialog. Berbagai permasalahan disampaikan oleh para perajin, di antaranya adalah bahan baku. “Kami harapkan pemerintah kedepan bisa membantu ketersediaan bahan baku dengan harga terjangkau. Mulai dari kedelai, tepung beras, tepung tapioka, hingga minyak,” ujar Ivan Kuncoro, Ketua RW 15, Sanan.

“Serta, untuk tabung gas LPG melon (3 kg) jangan sampai dihilangkan di kabupaten Malang. Kami merasa perlu adanya intervensi pemerintah untuk menjaga keberadaan LPG,” ujarnya.

Pihaknya juga mendorong pemerintah ikut memperhatikan dalam pengembangan limbah industri rumahan ini. “Kami mohon untuk pengolahan limbah ini dikembangkan. Misalnya dengan melalui biogas, seperti halnya di tempat ini. Bisa dari bantuan teknologi, bimbingan, hingga pendanaan,” usulnya.

Menanggapi hal ini, Gus Ipul menegaskan komitmennya untuk memberikan perhatian kepada sektor ekonomi kecil. Di antarnya, dengan membantu ketersediaan bahan baku.

Sementara untuk subsidi LPG, IKM akan didorong mendapat lebih banyak bantuan, dari yang awalnya 9 tabung tiap bulan menjadi 20 tiap bulan. “Kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Sedangkan untuk bantuan permodalan, pihaknya berkomitmen untuk mengurangi bunga modal.”Kedepan, kami harap bunga pinjaman dari bank ini terus menurun. Bahkan, saya bercita-cita mendorong bunga di bawah lima persen,” pungkas cagub pasangan cawagub, Puti Guntur Soekarno ini. (an/rus)

Kontributor Artikel dan Foto : akasnews.com

  Posisi KEUANGAN Forum Komunikasi Kader PDI Perjuangan.

.
www.KabMalang.com admin@kabmalang.com
Facebook PDI Perjuangan Kab malang
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog