Kamis, Agustus 22, 2013

Rakernas I

PDIP.kabmalang.com -
Megawati: 5 Pokok Agenda Partai di 2012
ADA sejumlah pokok-pokok agenda penting partai di tahun depan seperti disampaikan Ketua Umum PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarnoputri saat membuka Rapat Kerja Nasional I di Hotel Harris, Jl Peta, Bandung, Jawa Barat, Senin (12/12) siang.
MegawatiMenurut Mega, pokok-pokok agenda partai adalah untuk membangun harapan rakyat terhadap partai politik dan demi pengabdian terhadap bangsa dan negara. Pertama, jalan terjal ideologis yang dipilih PDI Perjuangan adalah jalan kerakyatan. Jalan terjal yang sangat keras. Lantaran itu, tegas Mega, "PDI Perjuangan tidak akan mentolelir setiap upaya yang mencederai empat pilar kebangsaan, yakni NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945."
Kedua, pemerintahan negara yang bebas korupsi adalah dasar bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.
Ketiga, perjuangan politik melalui DPR maupun MPR RI harus mengoreksi liberalisasi politik dan ekonomi. "Hal ini sangat mendasar karena bagi PDI Perjuangan, rakyat menghendaki kemakmuran, keadilan dan demokrasi yang sesungguhnya, bukan demokrasi yang seolah-olah, yang dikendalikan oleh kekuatan uang," kata Mega.
Keempat, platform perjuangan PDI Perjuangan menjadi model pengelolaan pemerintahan. Soal ini Mega bersyukur. Sebab, dari 10 kepala daerah di Indonesia yang dinyatakan terbaik, 6 di antaranya adalah kader PDI Perjuangan. "Demikian pula di tingkat pusat, kita harus terus meningkatkan kualitas diri agar menjadi kekuatan di luar pemerintahan yang mampu menawarkan kebijakan alternatif," kata Mega.
Kelima, membumikan ideologi melalui kerja-kerja ekonomi, politik, sosial dan budaya yang kongkrit adalah tugas ideologi dan sejarah setiap kader. "hal ini dapat diwujudkan melalui usaha perluasan medan juang dengan penugasan kader di tengah-tengah rakyat," tambah Mega.
Pokok-pokok agenda partai membutuhkan pimpinan yang berakar dari rakyat sendiri. Pemimpin yang seperti ini menurut Mega jauh lebih sulit ketimbang sekadar menjadi presiden. "Secara ideal, seorang presiden adalah pemimpin. Tetapi secara empirik hal ini tidak selalu berlaku," katanya.
Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Rakernas I, Puan Maharani, dalam laporannya menyebutkan, acara dihadiri pengurus dari 33 Dewan Pimpinan Daerah, 71 DPC cabang pelopor, departemen dan badan tingkat pusat, sayap partai, dan koordinator wilayah luar negeri.
Sejumlah pejabat pemerintah maupun partai politik lain juga hadir pada acara tersebut. Di antaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan-Yusuf Macan Effendi (Dede Yusuf), serta petinggi parpol Gerindra dan PKS. "Secara keseluruhan, 99 persen pihak yang kita undang hadir pada rakernas I ini," kata Puan.
Kontributor Artikel & Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

www.MestiMoco.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog