Sabtu, Agustus 03, 2013

Pelestarian Seni Gamelan

PDIP.kabmalang.com -

BAMBANG DH tidak mau waktu senggangnya terlewati dengan percuma. Saat menunggu acara sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ngawi, Sabtu (20/7) siang, calon gubernur Jawa Timur itu DH menikmati karawitan.

Saat kali pertama rombongan Bambang DH masuk halaman kantor DPC di Jl Kartini, sudah terdengar alunan suara gamelan. Ternyata, alunan suara seni khas Jawa itu berasal dari paduan perangkat gamelan yang ditabuh sekelompok ibu-ibu di ruangan kanan kantor DPC.

Bambang DH lantas mendekat ke ruangan, yang ternyata sebagai tempat latihan karawitan itu. Beberapa saat, Bambang DH mengabadikan ibu-ibu yang masih asyik menabuh gamelan.

Saat jeda latihan, penggendang yang satu-satunya pria di kelompok karawitan itu, menyalami Bambang DH. "Selamat datang, Pak. Yang sedang latihan di sini semua adalah pesinden di Kabupaten Ngawi," kata Parno Tembel, si penggendang, sekaligus yang melatih para pesinden.
Hartini, koordinator seniwati waranggono mengatakan, mereka berlatih menabuh gamelan untuk mengisi waktu luang. "Kalau tidak ada tanggapan, kami berlatih di sini," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada alasan khusus mengapa pesinden itu ingin juga menguasai keterampilan menabuh gamelan. "Yah, kami hanya ingin bisa memainkan perangkat gamelan ini. Tidak hanya bisa jadi pesinden," ungkapnya, sambil tersenyum.

Meski demikian, dari latihan rutin yang sudah dilakukan sejak sekitar setahun lalu itu, para pesinden itu sudah mampu menabuh gamelan dengan baik. Bahkan tidak jarang mereka ditanggap pihak pemkab setempat dalam berbagai acara.

Bambang DH sendiri mengapresiasi kegiatan para pesinden se-Kabupaten Ngawi tersebut. Menurut dia, kesenian tradisional Jawa memang harus diupayakan pelestariannya oleh siapapun. Termasuk oleh para waranggono.

"Sip Bu. Silakan terus berlatih," katanya. Dia lantas menikmati alunan musik khas Jawa tersebut, dan mencoba ikut menabuh salah satu perangkat gamelan

Kontributor Artikel & Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

www.MestiMoco.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog