Selasa, Mei 21, 2013

Kepemimpinan Pancasila

PDIP.kabmalang.com - Kepemimpinan Pancasila

Pemimpin adalah seseorang yang duduk pada posisi tertinggi sebuah organisasi, apakah Organisasi Perusahaan ataupun organisasi publik. Pemimpin bukanlah seorang manager ataupun sebaliknya. Kepemimpinan adalah hubungan antara pemimpin dan orang yang dipimpin, kepemimpinan lebih menunjukkan bagaimana 'mereka yang dipimpin' mendapat arahan, inspirasi dan optimisme, semangat dan harapan.  

Secara umum kepemimpinan adalah konsep kemampuan 'mempengaruhi' dan 'mengarahkan'untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan demikian Kepemimpinan Pancasila adalah kepemimpinan ideologis yang memberikan dasar, panduan arah da sekaligus metode dalam prakteknya. Kpemimpinan Pancasila adalah model kepemimpinan yang wataknya mencerminkan ideologi Pancasila, artinya periaku, gerak langkah, proses dan keputusan yang dilahirkan memancarkan nilai-nilai luhur Pancasila.     


Dalam konteks pemerintahan model kepemimpinan ini menunjukkan kualitas kebijakan publik, sebagai bagian dari produk kepemimpinan, yang secara ideal mencerminkan ideologi yang mendasarinya. Bagi rakyat menjadi sangat mudah untuk menilai adalah model Kepemimpinan Pancasila atau bukan, dengan cara melihat secara kritis kualitas kebijakan publik.

Indikator Kepemimpinan Pancasila

  1. Mengakui, menghargai, memperkuat dan memelihara pluralisme (kebhinekaan)
  2. Memanusiakan manusia dan memuliakan manusia
  3. Mempersatukan da selalu mempunyai kemampuan untuk menghindari perpecahan, dan menyadari dengan bersatu akan memperoleh kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan
  4. Mengedepankan musyawaran, bukan menindas yang kecil (minoritas), tetapi mencerminkan selalu berupaya mencari solusi bersama, untuk kepentingan bersama.
  5. Berorientasi untuk mencapai keadilan.
Secara umum Kepemimpinan Pancasila membentuk arak pada tata kehidupan baru yang lebih baik dan bermakna secara material dan spiritual

Sumber : Buletin Kader 

Kontributor Artikel & Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

www.MestiMoco.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog