Jumat, Maret 23, 2012

Harga BBM Naik untuk Menghemat Anggaran

PDIP.kabmalang.com -Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai, rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak masuk akal. Pemerintah dinilai tak punya dasar dalam mengambil kebijakan penaikan harga BBM
 
Pernyataan tersebut mengemuka dalam konferesi pers yang digelar Fraksi PDI Perjuangan di Lantai 7 Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Rabu (29/2). Konferensi dibuka Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto dan dibahas Kepala Kelompok Fraksi VII PDI Perjuangan Daryatmo Mardiayanto.
 
Menurut Daryatmo, keinginan pemerintah menaikan harga BBM dan menghemat anggaran adalah alasan yang keliru. "Sebagian besar subsidi BBM dinikmati kelompok masyarakat bawah. Sebab, dokumen Bank Dunia tentang skenario pengurangan subsidi BBM menunjukan, dari total premium yang dikonsumsi rumah tangga, 64 persennya dinikmati sepeda motor. Sedangkan mobil hanya 34 persen. Dan pengguna sepeda motor adalah masyarakat kelas menengah ke bawah," terang anggota Komisi VII DPR itu.
 
Selain itu, lanjut Daryatmo, data Susenas BPS menunjukna 65 persen bensin ternyata dikonsumsi masyarakat kelompok miskin dan menengah ke bawah. "Sementara kelompok rumah tangga menengah atas dan kaya hanya mengkonsumsi delapan persen." 
 
Data primer dari kegiatan survei yang dilakukan tim dari PDI Perjuangan memperkuat kajian bahwa subsidi BBM lebih banyak dinikmati kelompok menengah bawah. "Ini sangat berbeda dengan klaim pemerintah yang menyatakan 77 persen subsidi BBM dinikmati 25 persen kelompok rumah tangga tertinggi," jelasnya.
 
Selain itu, Daryatmo menyoroti turunnya anggaran subsidi BBM. Menurutnya, besaran anggaran subsidi BBM turun dari tahun ke tahun. "Kenaikan anggaran justru terjadi untuk belanja birokrasi, dari 16,3 persen menjadi 25,0 persen atau naik 21,0 persen. Sementara subsidi BBM turun dari 18,8 persen menjadi 8,7 persen, atau menurun sekitar 53,6 persen," jelasnya.
 
Karena itu, PDI Perjuangan bersikap bahwa alasan pemerintah memangkas anggaran subsidi amat keliru. Sebab, tak didasarkan atas pertimbangan yang detail.

Sumber : www.pdiperjuangan.or.id

Kontributor Artikel & Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

www.MestiMoco.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog