Minggu, November 20, 2011

Berikan Pemahaman Politik Pengurus Ranting

Partai.mestimoco.com -

Berikan Pemahaman Politik Pengurus Ranting

ANGGOTA Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Eva Kusuma Sundari mengatakan, citra politik menurun salah satunya disebabkan kurangnya pemahaman tentang dunia politik di kalangan masyarakat tingkat bawah. Oleh karena itu, pembelajaran politik langsung ke masyarakat bisa membantu mereka mengembalikan citra politik.
Pembelajaran politik itulah yang dilakukan Eva di wilayah Kabupaten Kediri, kemarin. Dalam pembelajaran politik yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah, Eva di antaranya menjelaskan pentingnya empat pilar kebangsaan, yakni, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 45 dan NKRI.

"Dengan kita selalu berpegangan empat pilar tersebut, politik akan sangat berguna, terutama dalam membangun bangsa ini. Begitu sebaliknya, jika tidak paham, maka tidak akan mengerti politik dan bangsa ini tidak lagi mempunyai arah dan tujuan," kata Eva, di hadapan ratusan pengurus ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Dia mencontohkan, banyaknya konflik yang terjadi antar etnis maupun suku beberapa waktu terakhir, salah satu penyebabnya adalah hilangnya pembelajaran Pancasila di kalangan pelajar. Rasa nasionalis yang telah dicetuskan Presiden Soekarno mulai luntur. "Untuk itu, mari kita kembali pada jati diri kita dengan selalu berpedoman Pancasila dalam setiap tingkah laku dan tindakan," ujarnya.

Dalam sosialisasi empat pilar tersebut, dijelaskan Eva, rencananya bukan hanya dilakukan di PAC Gurah saja. Namun nantinya, setiap PAC se-Kabupaten Kediri juga akan digelar sosialisasi. Hanya saja, dalam pertemuan awal ini, masih mencari konsep yang tepat.

"Meskipun kegiatan saya sangat padat sekali menjadi angggota fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, namun untuk sosialisasi empat pilar ini, saya berjanji akan terus hadir," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri H. Sulkani mengaku sangat terbantu adanya sosialisasi yang dilakukan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, yang langsung terjun ke bawah menyapa kader dan hingga anak ranting. "Mudah-mudahan masyarakat tingkat bawah mendapatkan pembelajaran yang bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Sulkani.

Selain itu, dia juga berharap para kadernya yang duduk di tingkat ranting tidak segan-segan untuk menyampaikan segala keluhan. "Sampaikanlah keluhan pada Bu Eva, mumpung beliau di sini, siapa tahu persoalan-persoalan tersebut bisa dipecahkan bersama-sama dalam diskusi kali ini," harapnya.

Sosialisasi empat pilar di tingkat PAC dengan menghadirkan ranting, dikatakan Sulkani akan terus dilakukan, tentunya juga akan menghadirkan Eva sebagai narasumber. Setelah pertemuan awal di Gurah, selanjutnya nanti akan bergiliran di setiap PAC se-Kabupaten Kediri. (arif)

Sumber : http://www.pdiperjuangan-jatim.org/v03/index.php?mod=berita&id=4944#
Kontributor Artikel & Foto : Herman Hidayat Profile Facebook Herman Hidayat klik di sini. Herman adalah Pemilik MestiMoco.com.

www.MestiMoco.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog