Minggu, Desember 06, 2009

Bacabup Malang Ikuti Uji Kelayakan


BAKAL Calon Bupati (Cabup) Malang hasil Hasil Rapat Kerja Khusus (Rakercabsus) PDI Perjuangan setempat pada Minggu (15/11) lalu, mengikuti fit dan proper test di DPD Jawa Timur, Jl Kendangsari Industri 57, Kamis (3/12). Uji kelayakan bakal cabup yang diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Kabupaten Malang 2010 ini dipimpin Sekretaris DPD, Kusnadi SH. Para kandidat cabup ini mulai berdatangan di kantor DPD sejak sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah melengkapi persyaratan administrasi, satu per satu bakal cabup mengikuti uji kelayakan di ruang rapat DPD. Selain Kusnadi, tim fit and proper tes DPD beranggotakan Ali Mudji, Sugiyono dan Sumiati (ketiganya Wakil Ketua DPD) serta SW Nugroho (Wakil Sekretaris Bidang Internal).

Uji kelayakan bakal cabup yang diusung PDI Perjuangan, meliputi beberapa hal. Seperti yang pernah disampaikan Ketua DPD H Sirmadji, setidaknya ada 3 kriteria yang harus dimiliki calon. Satu, dukungan nyata dari masyarakat terhadap calon itu sendiri. Dua, komitmen (keberpihakan) kepada rakyat. Jelasnya, calon siap menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan berpihak kepada rakyat.

Dan yang ketiga, kesiapan sang calon sendiri, yakni harus siap untuk mendapatkan rekomendasi maupun tidak. "Termasuk siap menang maupun kalah dalam pilkada 2010 nanti," ujar Sirmadji.

Selain uji personal, DPD akan melakukan penilaian melalui survei kepada rakyat setempat. Sirmadji menyebut setidaknya ada 4 item survei. Satu, popularitas atau keterkenalan, yaitu sejauh mana calon dikenal rakyat. Dua, akseptabilitas atau keterterimaan, yaitu, penerimaan masyarakat terhadap nama calon.

Ketiga, kapabilitas atau kemampuan dimiliki calon. Empat, elektabilitas keterpilihan, yakni, hasrat masyarakat untuk menjatuhkan pilihan pada calon tertentu. Hasil survei itu nantinya yang akan dikoordinasikan dengan DPC untuk keperluan rekomendasi.

Rakercabsus PDI Perjuangan Kabupaten Malang pada Minggu (15/11) lalu menghasilkan dukungan suara masing-masing kandidat. Mochammad Geng Wahyudi SH, MHum mendapatkan dukungan 718 suara. Kemudian secara berurutan, Drs H Bambang DH Suyono Msi memperoleh 331 suara, HM Suhadi SE, MAP (17 suara), Dra Tantri Bararoh SE, MSI, MAK (14 suara), H Suaeb Hadi SH MHum (10 suara), Drs Selamet Castur (3 suara), dan H Agus Widodo Purnomo BSc MEI (2 suara).

Suhadi, Tantri Bararoh dan Suaeb Hadi merupakan kandidat dari internal PDI Perjuangan. Sedang empat lainnya dari eksternal partai.

Meski rakercabsus menghasilkan fakta dukungan dari peserta, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang memutuskan untuk mengirimkan semua nama ke DPP. Menurut Kusnadi yang saat itu memimpin sidang, sesuai juklak dan juknis dari DPP, minimal yang dikirim ke DPP adalah empat nama. "Namun kami memutuskan untuk mengirimkan semuanya," kata Kusnadi. (pri)

Sumber : http://www.pdiperjuangan-jatim.org/v03/index.php?mod=berita&id=2989
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog