Notification

×

Iklan revolusi

Iklan 1048 300 revolusi

Google Makin 'Ditinggal' Gen Z

Jumat, 17 November 2023 | November 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-28T04:24:59Z

    
Yeni Adien dot com }    TikTok makin populer sebagai sumber informasi dan berita untuk gen Z, hal tersebut juga membuat posisi Google sebagai tempat mencari berita dan informasi makin menurun.

Berdasarkan kajian dari Pew Research Center yang dikutip dari Reuters pada Kamis, (16/11), setengah dari penduduk Amerika Serikat usia dewasa mendapatkan berita dari media sosial.

Survei yang dilakukan atas 8.842 penduduk AS memang menunjukkan bahwa 67% dari populasi AS masih menggunakan website atau aplikasi media berita untuk mencari informasi. Namun, peran media sosial makin sentral sebagai sumber informasi. 

Facebook adalah platform media sosial paling populer sebagai sumber berita, yaitu digunakan oleh 30 persen penduduk AS. Platform terbesar kedua adalah YouTube (26%), Instagram (16%), dan TikTok (14%).
Peran TikTok sebagai sumber berita, berdasarkan penelitian Pew, makin dominan. Dari semua pengguna TikTok yang disurvei, 43% mengaku secara rutin mencari informasi dan berita dari TikTok.

Survei serupa pada 2022, padahal, menunjukkan bahwa hanya 22% dari pengguna TikTok yang menggunakan media sosial video pendek tersebut sebagai tempat mencari berita.


Posisi Facebook sebagai media sosial utama untuk mencari berita juga berlawanan dengan upaya perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut menghapus peredaran berita. Di bawah tekanan untuk bekerja sama dan membayar perusahaan berita, Facebook mengambil langkah untuk mengurangi bahkan menghilangkan fitur berita di beberapa negara.

Well, Google bukan tidak tahu ancaman tersebut. Dalam riset internal Google juga terlihat 40% gen Z mencari informasi dari Tiktok dibandingkan Google Search. Kebanyakan dari mereka mencari informasi terkait rencana liburan, produk skincare, restoran, tempat nongkrong, hingga makanan.

Setengah dari obyek penelitian juga memiliki menggunakan TikTok dan media sosial Instagram dibandingkan produk Google yakni Search dan Maps.



Sumber :   Web



#OrangCerdasPilihYeni
Komentar Akun Facebook :

Komentar Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Histat

Klik Iklan dibawah Tanah

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update