Notification

×

Iklan revolusi

Iklan 1048 300 revolusi

Duka TNI AU, Jatuhnya pesawat twmpur di Pasuruan

Jumat, 17 November 2023 | November 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-28T04:24:58Z

    
Yeni Adien dot com }   Jakarta - Empat jet tempur Super Tucano tipe EMB-314 terbang dari Landasan Udara TNI AU Abdurahman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pukul 10.50 WIB. Keempat pesawat lalu membentuk Box Formation, dilanjutkan dengan routing melalui area Alpha, Bravo, Charlie, Delta.
28 Menit setelah itu, atau tepat pukul 11.18 WIB, dua dari empat jet tempur itu hilang kontak. Dua jet tempur itu mengalami kecelakaan di sekitar Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Pasuruan.

"Iya benar (kecelakaan), jenisnya pesawat tempur Tucano. Kalau untuk kejadian, selebihnya, baru saya investigasi," ucap Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Brawijaya Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani kepada detikcom, Kamis (16/11/2023).

1. Kronologi Hilang Kontak

Dua jet tempur yang jatuh dengan tail number TT-3111 dan TT-3103 berasal dari Skadron Udara 21. Kedua jet tempur ini terbang dengan dua jet tempur lainnya yang kembali ke pangkalan udara dengan selamat, untuk misi terbang dengan profisiensi formation flight.

Sebelum terbang keempat jet tempur melaksanakan Station pada pukul 10.15 WIB. Setelah itu keempat jet tempur melaksanakan Start Engine 4 A/C pukul 10.39 WIB.

Lalu keempat jet tempur lepas landas atau take off dari Lanud Abdurahman Saleh pada pukul 10.50 WIB. Pada pukul 11.18, jet tempur TT-3111 dan TT-3103 hilang kontak.

Sementara dua jet tempur lainnya mendarat di pangkalan dengan selamat pada pukul 11.31 WIB.



Foto: Proses evakuasi jenazah awak pesawat Super Tucano yang jatuh di Pasuruan. (Muhajir Arifin/detikJatim)

2. Sedang Latihan Rutin

TNI AU mengatakan keempat jet tempur tersebut diterbangkan untuk latihan rutin. TNI AU meyakini keempat jet tempur terbang dalam kondisi baik.

"Kedua pesawat sedang melakukan latihan formasi secara rutin, dan diketahui bahwa kedua pesawat ini pada saat terbang dalam kondisi baik, tidak ada masalah," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Agung Sasongkojati dalam video keterangannya.







Sumber :   



#OrangCerdasPilihYeni
Komentar Akun Facebook :

Komentar Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Histat

Klik Iklan dibawah Tanah

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update