Notification

×

Iklan revolusi

Iklan 1048 300 revolusi

Konsolidasi Demokrasi dan Kepemimpinan – Hendardi

Selasa, 14 November 2023 | November 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-28T04:25:05Z

    
Yeni Adien dot com }   Dalam menjalani sistem pemerintahan demokrasi harus dibutuhkan kerja sama antara rakyat dengan negara (pemerintahan), sehingga sistem pemerintahan demokrasi dapat berjalan dengan baik. Misalnya, rakyat tidak mendapatkan tekanan atau ancaman dalam menyampaikan aspirasi kepada pemerintahan dan aturan yang dibuat oleh pemerintahan harus berdasarkan aspirasi rakyat serta untuk kepentingan bersama.

Deskripsi Buku
Tulisan-tulisan Hendardi yang terangkum dalam buku ini mendokumentasikan dan menganalisis periode sejarah penting ketika Indonesia mengalami perubahan dari Orde Baru menuju era Reformasi. Dengan gaya-gaya tulisan cenderung
lugas, pembaca dengan jernih dapat memahami persoalan yang diajukan.

Dalam menentukan arah dalam menjalankan sistem pemerintahan demokrasi tidak bisa dilepaskan dari para elite partai politik. Bukan hanya menjalankan sistem pemerintahan, mereka juga bisa menentukan arah dari sistem pemerintahan demokrasi. Berdasarkan catatan sejarah demokrasi Indonesia, sistem kelembagaan partai politik di Indonesia pernah mengalami masa-masa oligarki dan patronasi terutama pada era Orde Baru.

Memang tak bisa kita hindari bahwa masa-masa Orde Baru bisa dikatakan sebagai masa kelam demokrasi Indonesia. Hal ini senada dengan tulisan-tulisan dari pengamat hukum sekaligus pengamat Hak Asasi Manusia (HAM), yaitu Hendardi. Beliau sudah banyak sekali menulis tentang gejolak sistem pemerintahan dan sistem politik Indonesia terutama pada tahun 1990-an. Hampir semua tulisan beliau yang berkaitan dengan demokrasi dan kepemimpinan dimuat dalam sebuah buku yang berjudul Konsolidasi Demokrasi dan Kepemimpinan yang terbit pada tahun 2020.


Buku ini terdiri dari tiga bagian, setiap bagiannya berisi esai tentang demokrasi kepemimpinan, dan rezim pemilu. Pembaca yang membaca buku ini akan mengetahui sejarah tentang sistem politik dan kepemimpinan pada masa Orde Baru hingga awal-awal Reformasi. Dinamika politik dan demokrasi seperti apa yang terjadi pada saat itu? Temukan jawabannya di dalam buku ini!



Sumber :   



#OrangCerdasPilihYeni
Komentar Akun Facebook :

Komentar Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Histat

Klik Iklan dibawah Tanah

TUTUP IKLAN
TUTUP IKLAN
×
Berita Terbaru Update