Rabu, Mei 16, 2018

HARI SASONGKO Politisi yang Menggemari Dunia Seni


PDIPerjuangan.kabmalang.com - SELAIN sebagai politisi, karir yang dirintis dari jenjang paling bawah oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko ini sangat tertarik pada seni. Hari, bahkan seorang seniman sejak duduk dibangku sekolah hingga kini. “Saya suka seni lukis, wayang, jaran kepang, Tari Topeng Malangan,” kata Hari saat ditemui di rumahnya, kemarin.

Saat muda, Hari juga menggeluti dunia karikatur. Seni bagi Hari sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan, termasuk dalam dunia politik. Melalui seni pula, Hari bisa berekspresi dan energi baru dalam beraktifitas. “Seni itu bisa mengatur stabilitas kejiwaan, karena kadang politik bisa membuat tegang. Ya, yang menstabilkan jiwa melalui seni,” ujarnya.

Sebagai seniman, Hari selalu meluangkan waktunya untuk dunia seni. Kalau tidak sempat membuat karikatur atau melukis, ia melihat penampilan tari-tarian.

Tidak hanya itu saja, ia juga kerap meluangkan waktu datang ke tempat-tempat bersejarah, terutama sejarah budaya. “Saya suka sejarah lokal. Contohnya, berkunjung ke Ngajum atau juga cerita-cerita tentang Kanjuruhan,” tuturnya.

Baginya sejarah lokal memang harus diketahui. Sebab sejarah lokal paling dekat dengan lingkungan setiap masyarakat berada. Untuk memahami tentang sejarah lokal, Hari tak hanya mengunjungi tempat bersejarah yang ada di Malang saja, tapi ia juga berburu literatur. Karena itu, jangan heran melihat buku sejarah dikoleksinya. Untuk mendapat koleksi buku, ayah dari empat anak ini selalu menyempatkan waktu hunting buku ke toko-toko buku terkemuka.

DAPATKAN DI BULETIN FFK PDI Perjuangan

Kontributor Artikel dan Foto :H2o

  Posisi KEUANGAN Forum Komunikasi Kader PDI Perjuangan.

.
www.KabMalang.com admin@kabmalang.com
Facebook PDI Perjuangan Kab malang
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar???? untuk PDI Perjuangan Kabupaten Malang

Arsip Blog